Senin, 09 Januari 2017

RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN TEMU WICARA, Oleh Darwin Rauf, S.ST


RENCANA

PELAKSANAAN KEGIATAN TEMU WICARA






OLEH
DARWIN RAUF, S.ST
NIP. 19670821 198903 1 010


 















BALAI PENYULUHAN PERTANIAN PERIKANAN
DAN KEHUTANAN KECAMATAN OBA TENGAH 
KOTA TIDORE KEPULAUAN
TAHUN 2016



I. PENDAHULUAN

        Latar Belakang

 Pembangunan pertanian, perikanan, dan kehutanan yang berkelanjutan merupakan suatu keharusan untuk memenuhi kebutuhan pangan, papan, dan bahan baku industri; memperluas lapangan kerja dan lapangan berusaha; meningkatkan kesejahteraan rakyat khususnya petani, pekebun, peternak, nelayan, pembudi daya ikan, pengolah ikan, dan masyarakat di dalam dan di sekitar kawasan hutan; mengentaskan masyarakat dari kemiskinan khususnya di perdesaan; meningkatkan pendapatan nasional; serta menjaga kelestarian lingkungan;
Untuk lebih meningkatkan peran sektor pertanian, perikanan, dan kehutanan, diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas, andal, serta berkemampuan manajerial, kewirausahaan, dan organisasi bisnis sehingga pelaku pembangunan pertanian, perikanan, dan kehutanan mampu membangun usaha dari hulu sampai dengan hilir yang berdaya saing tinggi dan mampu berperan serta dalam melestarikan hutan dan lingkungan hidup sejalan dengan prinsip pembangunan berkelanjutan.
Dalam kegiatan penyuluhan pertanian tidak terlepas dari berbagai masalah, baik dari penyuluh itu sendiri, dari petani ataupun dari pihak pemerintah. Tema dalam kegiatan temu wicara di tingkat kecamatan tersebut adalah “Revitalisasi Penyuluhan Pertanian melalui  Gapoktan”. Sedangkan Gapoktan itu dimaksudkan untuk mengembangkan kelompoktani kearah pada peningkatan kemampuan setiap kelompoktani dalam melaksanakan fungsinya, peningkatan kemampuan para anggota dalam mengembangkan agribisnis, dan penguatan kelompoktani menjadi organisasi petani yang kuat dan mandiri. Kelompoktani yang berkembang bergabung kedalam gabungan kelompoktani disebut dengan Gapoktan.
Peningkatan kemampuan Gapoktan dimaksudkan agar dapat berfungsi sebagai unit usahatani, unit usaha pengolahan, unit usaha sarana dan prasarana produksi, unit usaha pemasaran, dan unit usaha keuangan mikro serta unit usaha jasa penunjang lainnya sehingga menjadi organisasi petani yang kuat dan mandiri.

Tujuan
Tujuan dari kegiatan temu wicara adalah sebagai berikut :
1.     Meningkatkan pengetahuan dan pengertian petani-nelayan tentang program pembangunan pertanian khususnya serta pembangunan nasional pada umumnya.
2.     Meningkatkan motivasi petani-nelayan untuk melaksanakan kegiatan pembangunan pertanian.
3.     Meningkatkan keakraban antara petani-nelayan dengan pemerintah dan peserta lainnya.
4.     Membuka saluran umpan balik dari masyarakat tani kepada pemerintah.
Sasaran
Terbentuknya Gapoktan disetiap desa minimal 1 (satu) Gapoktan yang pada akhirnya terbentuk Koptan (Koprasi Pertanian) untuk memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana pertanian petani-nelayan.

Dasar Pelaksanaan
  1. Undang – undang Sistem Penyelenggaraan Penyuluhan Pertanian dan Kehutanan (SP3K) Nomor 16 Tahun 2006
  2. Permentan RI nomor 82/Permentan/OT.140/8/2013 Pedoman Pembinaan Kelompoktani Dan Gabungan Kelompoktani

TEMA

     Tema yang diangkat dalam pelaksanaan Temu Wicara adalah :
Meningkatkan Kesejahteraan Petani dengan Peningkatan Produksi Cabai Merah Melalui Pengelolaan Tanaman Terpadu ( PTT)









I. RENCANA KEGIATAN

RENCANA TEMU WICARA
DI DESA SIOKONA, KECAMATAN OBA TENGAH
KOTA TIDORE KEPULAUAN TAHUN 2016

KEGIATAN                                  : Temu Wicara
WAKTU PELAKSANAAN                 : 10 Mei 2016
LOKASI PELAKSANAAN                 : Desa Siokona,  Kecamatan Oba Tengah
PENYULUH PERENCANA KEGIATAN : Darwin Rauf S.ST
INSTANSI TERLIBAT                    : Dinas Pertanian Kab/Kota/prov, BPTP
                                                       Maluku Utara, BP4K, Gapoktan, Poktan,
                                                       KTNA
A.     Tujuan Temu Wicara
1.    Membahas permasalahan dan perkembangan tanaman cabai
2.    Merekomendasikan PTT cabai spesifik lokasi
3.    Membangun persepsi lintas sektoral bertujuan meningkatkan kesejahteraan petani melalui pendekatan PTT cabai

B.     Tata cara pelaksanaan
Temu wicara dilaksanakan dengan sistem diskusi dua arah antara pemateri dan peserta, dengan metode FGD (Focus Group Discussion). Diharapkan semua yang terlibat dalam pelaksanaan memberikan masukan dalam pengelolaan tanaman terpadu cabaii (PTT Cabai)

C.     Tim Perencana dan Penyusun
Tim perencana dan penyusun temu wicara sebagai berikut :
Ketua Penyusun :    1.  Darwin Rauf, S.ST
Anggota           :    2. Rudiyanto Syarif, S.ST
                   3. Muhdar Abdullah




D.  Panitia Kegiatan :
                   1. Abd. Rasyid Fabanyo
                   2. Bakri Malagapi
                   3. Taufan Ali, S.ST
                   4. Sumarni Kamaludin
                   5. Cabo Hi. Sambiu
                   6. Fatmawati Usman
                   7. Nurani Sabar
                   8. Muhammad Yamin
                   9. Husen Safar
                 10. Nurlela Kalimangun
Kegiatan ini dilaksanakan kerjasama antara 1) Dinas Pertanian Kab/Kota/Prov, BPTP Maluku Utara 2) Gapoktan dan Poktan Desa Siokona.
E.     Pemateri
Pemateri pelaksanaan kegiatan adalah terdiri dari beberapa :
1.    Nofyarjasri Saleh (BPTP Maluku Utara)
2.    Ahmad Yunan Arifin (BPTP Maluku Utara)
3.    Robinson Putra (BPTP Maluku Utara)
4.    Muhalas Marsaoly ( Dinas Pertanian Provinsi Maluku Utara)
5.    Muhalas Marsaoly  (Dinas Pertanian Kota Tidore Kepulauan)

F.     Peserta
Peserta pelaksanaan kegiatan adalah terdiri dari beberapa  :
1.    Gapoktan Kecamatan Oba Tengah
2.    PPL, POPT Kecamatan Oba Tengah
3.    Poktan, Gapoktan Kecamatan Oba Tengah
4.    KTNA Kecamatan Oba Tengah
5.    Petani kooperator BPTP

G.    Tempat dan Waktu Pelaksanaan
Tempat pelaksanaan di Desa Siokona Kecamatan Oba Tengah Kota Tidore Kepulauan, pada tanggal 10 Meii 2016.


H.    Tema
Meningkatkan Kesejahteraan Petani dengan peningkatan produksi cabai melalui pengelolaan tanaman terpadu ( PTT)



I.      Susunan acara
No
Waktu
Susunan Acara
Penanggung Jawab/Pemateri
Ket
1
08.00-08.30
Pembukaan
Panitia

2
08.30-09.30
Sambutan Walikota Tidore Kepulauan
Capt. Ali Ibrahim MH

3
09.30-10.00
Sambutan Gubernur Prov. Maluku Utara
Hi. Abd. Gani Kasuba, Lc

4
10.00-10.30
Coffe Break
Panitia

5
10.30-11.00
Program dan Kebijakan BPTP Maluku Utara
Ahmad Yunan A.

6
11.00-11.30
Program dan Kebijakan Pembangunan Pertanian Dinas Pertanian Prov Maluku Utara
Musdalipa Ilyas,SP. M.Si

7
11.30-12.00
Pengelolaan Tanaman Cabai
BPTP Maluku Utara

8
12.00-13.30
ISHOMA
Panitia

9
13.30-14.30
Kelembagaan Petani
Muhlas Marsaoly Sp, M.Si

10
14.30-15.00
Coffe Break
Panitia

11
15.00-16.00
Peran dan Fungsi Penyuluh dalam era otonomi daerah
Ir. Yusuf Dukomalamo,M.Si  (BP4K)

12
16.00-16.45
Penutupan
Panitia



                                                                            Penyusun
                                                                                 Penyuluh Pertanian



                                                                            DARWIN RAUF, S.ST
NIP. 19670821 198903 1 010




FORM A


RENCANA KEGIATAN TEMU WICARA

1.    Penyuluhan Pertanian
a.  Nama/NIP           :  Darwin Rauf, S.ST / 19670821 198903 1 010
b.  Pangkat/Golongan :  Penata  Tkt  I / III d
c.  Jabatan              :  Penyuluhan Pertanian Muda
d. Unit Kerja            :  BP3K Kecamatan Oba Tengah
2.    Dasar Pelaksanaan    :  Rencana Kerja Tahunan Penyuluh (RKTP)
3.    Nama Kegiatan         : Temu Wicara
4.    Pelaksanaan Kegiatan          :
a.    Waktu Pelaksanaan :  10 Mei 2016
b.    Tempat/Lokasi    : Desa Siokona Kecamatan Oba Tengah
5.    Hasil Kegiatan          : Rencana  Kegiatan Temu Wicara

                                                                            Oba Tengah, 27 April 2016
                                                         
                Mengetahui
          Kepala BP3K Kecamatan Oba Tengah                                         Penyuluh Pertanian



                   ( A. Rasyid Fabanyo )                                                               ( DARWIN RAUF. S.ST )
NIP.19620531 198802 1 001                                               NIP 19670821 198903 1 010










PERENCANAAN ANGGARAN TEMU WICARA

1.     BIAYA :
No.
Uraian
Volume
Harga Satuan (Rp)
Jumlah (Rp)
1.
Honor
- Honor Pemateri / Nara Sumber
5 Orang
500.000
   2.500.000
- Honor Tim Perencana/
  Penyusun
3 Orang
         500.000
 1.500.000
- Honor Panitia
10 Orang
300.000
   3.000.000

Jumlah I
7.000.000
2.
Konsumsi

- Snack ( 2 x )
50 Orang
    10.000
500.000  

- Makan Siang
50 Orang
  25.000
1.250.000

Jumlah II
1.750.000
3.
Bahan/Alat

- ATK / Undangan
1  PKT
2.000.000
   2.000.000

- Pengeras Suara/Sound
  Sistem
1 Unit
  2.000.000
     2.000.000

- Spanduk
2 Buah
500.000
   1.000.000

-   Tenda
5  Unit
500.000
2.500.000

-   Kursi
50 buah
2.500
125.000

Jumlah III
7.625.000
4.
Transportasi

- Peserta
50 Orang
  100.000
5.000.000

-  Pemateri / Nara Sumber
5 Orang
500.000
2.500.000

Jumlah IV
7.500.000

Total (1+2+3+4)
23.875.000
Terbilang :  ( Tiga puluh tujuh juta tiga ratus lima puluh ribu rupiah )
2.      Tata Tertib Pelaksanaan :
Pelaksanaan dalam rencana kegiatan temu wicara adalah sebagai berikut:
1.     Peserta datang tepat waktu atau 10 menit sebelum acara dimulai dan mengisi daftar hadir dan mengambil snack yang telah disiapkan oleh panitia.
2.    Tanya jawab yang dipimpin oleh Moderator
3.    Penutup
4.    Ishoma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar