PENGERTIAN
KELAS KELOMPOKTANI
Adalah fase pertumbuhan kemampuan di
kelompok tani yang disebut kelas kemampuan kelompok, peningkatan fase
pertumbuhan kemampuan tersebut diukur dengan scor nilai yang ada pada lima
jurus kemampuan kelompok tani. Sehingga terdapat empat kelas kemampuan kelompok
dengan kriteria sebagai berikut: Kelas pemula apabila mempunyai scor penilaian
1 sampai 250 poin, Kelas lanjut apabila mempunyai scor penilaian 251 sampai 500
poin, Kelas madya apabila mempunyai scor penilaian 501 sampai 750 poin, dan
Kelas utama apabila mempunyai scor penilaian 751 sampai 1.000 poin.
KELAS-KELAS
KELOMPOKTANI
Kelompok tani dapat dikelompokkan
berdasarkan jenjang kelas kemampuan kelompok yang terdiri dari :
1.
Kelas pemula,
2.
Kelas lanjut,
3.
Kelas madya dan
4.
Kelas utama.
Lima indikator yang digunakan selama
ini sebagai berikut: 1). Kemampuan kelompok dalam merencanakan kegiatan untuk
meningkatkan produktivitas usaha tani dengan menerapkan teknologi yang tepat
dan memanfaatkan sumber daya secara optimal. Scor maksimal 100; 2). Kemampuan
melaksanakan dan mentaati perjanjian dengan pihak lain. Scor maksimal 200; 3).
Kemampuan pemupukan modal dan pemanfaatan modal secara rasional. Scor maksimal
150; 4). Kemampuan meningkatkan hubungan kelembagaan antara kelompok dengan
koperasi/KUD. Scor maksimal 200; 5). Kelompok menerapkan teknologi, pemanfaatan
informasi, serta kerja sama kelompok dicerminkan oleh tingkat produksi dari
usaha tani para anggota kelompok. Scor maksimal 250.
Alasan Perubahan Indikator
KUISIONER KEMAMPUAN
KELOMPOKTANI
No
|
Pertanyaan
|
Alternatif
jawaban
|
skor
|
I.
Kemampuan merencanakan Kegiatan
(300)
|
|||
1.
|
1. Menurut sepengetahuan
bapak/ibu, bagaimana kegiatan
kelompoktani dalam merencanakan RDK dan RDKK?
2. Jika soal no. 1 ya, adakah pembuatan
melibatkan personil anggota?
3. Jika rencana tersebut dibuat, adakah
anggota merasa ada keterikatan?
4. Menurut bapak/ibu, bagaimana
penguasaan pengurus terhadap materi rencana yang dibuat?
5. Bagaimana pembagian tugas dalam
merencanakan kegiatan menurut bapak/ibu?
6. adakah tanggapan masyarakat
sekitar dalam memajukan kelompoktani?
7. dalam perencanaan alat-alat
pertanian, menurut bapak/ibu bagaimana?
8. dalam merencanakan kebutuhan benih/bibit
adakah kelompoktani memebuhi?
9. dalam perencanaan pemupukkan
berimbang, menurut bapak/ibu adakah kelompoktani memenuhi?
10. dalam merencanakan pemanfaatan
pestisida, menurut bapak/ibu adakah kelompok tani dapat memenuhi?
11. dalam perencanaan tanam serentak
adakah kelompoktani memenuhi tanaman pokok?
12. menurut bapak/ibu adakah kelompoktani
merencanakan pengendalian hama penyakit, terutama yang diusulkan oleh
sebagian besar anggota?
13. adakah perencanaan bersama dalam
pemanenan hasil anggota kelompoktani terhadap komoditas yang diusahakan?
14. menurut bapak/ibu, adakah
kelompoktani dapat merencanakan secara bersama keadan komoditas yang
diusahakan?
|
a. selalu ada dan layak
b. kadang-kadang layak
c. tidak pernah buat
d. tidak tahu
a. semua anggota
b. pengurus dan anggota
c. pengurus saja
d. tidak terikat
a. sangat terikat
b. terikat
c. cukup terikat
d. tidak terikat
a. sangat menguasai
b. menguasai
c. cukup menguasai
d. tidak menguasai
a. ada pembagian tugas
b. pembagian tugas tidak teratur
c. tidak ada pembagian tugas
d. tidak tahu
a. semua anggota sendiri sanggup
b. sebagian besar sanggup sendiri
c. buru-buru separuh
d. tidak dapat
a. ada, jumlah memadai
b. ada, jumlah cukup
c. tidak ada
d. tidak tahu
a. ada, memenuhi
b. ada, jumlah cukup
c. ada, sedikit saja
d. tidak ada
a. ada, memenuhi
b. ada, jumlah cukup
c. ada, sedikit saja
d. tidak ada
a. ada, memenuhi
b. ada, jumlah cukup
c. ada, sedikit saja
d. tidak ada
a. semua sama
b. sebagian besar
c. sebagian kecil
d. tidak ada
a. semua
b. separuh saja
c. sedikit
d. tidak ada
a. semua sama
b. sebagian besar
c. sebagian kecil
d. tidak ada
a. semua merasakan
b. komoditas tertentu
c. sedikit komoditas
d. tidak ada
|
50
30
10
0
50
30
10
0
20
15
10
0
30
20
10
0
40
30
20
0
20
15
10
0
10
7,5
5
0
20
15
10
0
10
7,5
5
0
10
7,5
5
0
10
7,5
5
0
10
7,5
5
0
10
7,5
5
0
10
7,5
5
0
|
2.
|
II. Kemampuan melaksanakan dan mentaati perjanjian
dengan pihak lain (150)
|
||
1. Menurut bapak/ibu, bagaimana ketaatan
anggota dalam mematuhi jadwal?
2. Adakah bapak/ibu hadir pada acara
yang dilaksanakan kelompoktani?
3. Jika bapak/ibu mengajukan pinjaman
kredit di bri (kut) dan seterusnya bagaimana penyalurannya?
4.
Adakah bapak /ibu membayar iuran
kelompok secara tepat?
5. Adakah bapak/ibu membelanjakan kredit
secara tepat?
|
a. sangat mematuhi
b. sebagian besar
c. separuh saja
d. sedikit saja
a. selalu hadir
b. hadir ¾ saja
c. jarang hadir
d. tidak hadir
a. selalu tepat waktu
b. agak lambat, ada
c. lambat
d. tunggakan penuh
a. membayar tepat waktu
b. kadang tidak ada
c. sedikit saja
d. tidak pernah membayar
a. 100% sesuai peruntukan
b. 75% sesuai peruntukan
c. 50% sesuai peruntukan
d.
25% sesuai peruntukan
|
25
15
10
0
30
20
10
0
30
20
10
0
60
40
20
0
10
7,5
5
0
|
|
3
|
III. Kemampuan kelompoktani dalam memupuk modal dan
memanfaatkan pendapatan (150)
|
||
1. Adakah bapak/ibu menyisihkan hasil
usahatani untuk modal kelompok?
2. Menurut bapak/ibu bagaimana
kekayaan kelompok yang mencakup bangunan, alat pertanian dan sebagainya?
3.
Bagaimana pemanfaatan bangunan/aset
dan alat bagi anggota?
4. Bagaimana pengadaan fasilitas
kelompok yang dimiliki?
|
a. selalu mengusulkan secara teratur
b. kadang-kadang
c. sedikti saja
d. tidak pernah
a. cukup besar, lengkap
b. ada, cukup
c. sedikit tidak lengkap
d. tidak pernah, sedikti sekali
a. semua anggota
b. sebagian besar anggota
c. sebagian anggota saja
d. sebagian kecil anggota
a. swadaya anggota
b. swadaya dan lain-lain
c. bantuan pihak lain
d. tidak ada
|
30
20
10
0
60
40
20
0
20
15
10
0
40
30
20
0
|
|
4.
|
IV. Kemampuan pengembangan hubungan melembaga dengan KUD (200)
|
||
1. Bagaimana keaktifan bapak/ibu dalam
KUD selaku anggota?
2. Adakah bapak /ibu aktif dalam
pengurus KUD juga aktif di kelompoktani?
3. Bagaimana bapak/ibu membeli keperluan
saprotan dan lain-lainnya yang bersangkutan dengan keberadaan KUD?
4. Bagaimana keterlibatan bapak/ibu
dalam perencanaan KUD?
5. Adakah pemasaran hasil pertanian yang
bapak/ibu lakukan melalui KUD?
6. Bagaimana tanggapan bapak selaku
anggota KUD dalam memenuhi kewajiban?
|
a. anggota tetap aktif
b. anggota kurang aktif
c. anggota tidak aktif
d. bukan anggota
a. aktif pengurus kelompok dan KUD
b. anggota kelompok
c. anggota kelompok, anggota KUD
d. anggota kelompok saja
a. semua keperluan
b. hanya keperluan tertentu
c. kadang-kadang
d. tidak sama sekali
a. terlibat secara penuh
b. kadang-kadnag
c. sedikit sekali
d. tidak pernah
a. sepenuhnya buat KUD
b. sebagian saja 75%
c. sedikit saja
d. tidak pernah
a. selalu mentaati
b. kadang-kadang
c. sedikit mentaati
d. tidak tersedia
|
60
40
20
0
10
7,5
5
0
30
20
10
0
60
40
20
0
20
15
10
0
20
15
10
0
|
|
5.
|
V. Kemampuan
menerapkan teknologi pertanian dan pemanfaatan informasi melalui
kelompok(200)
|
||
1. menurut bapak bagaimana pengaruh
informasi petani dalam kelompok?
2. dalam mencari sumber informasi adakah
pengurus kelompoktani giat mencari?
3. dalam memperoleh informasi adakah
bapak memperolehnya dari kelompoktani?
4. menurut bapak darimana asal
informasi diterima kelompoktani?
5. bagaimana bapak menggunakan
bibit/benih unggul sesuai anjuran?
6. adakah bapak menggunakan azas pemupukkan
berimbang dalam budidaya utama tanaman nenas?
7. pengolahan tanah pada budidaya
tanaman utama apakah sesuai anjuran?
8. dalam usaha mengatasi serangan hama
dan penyakit bagaimana bapak menanganinya khususnya tanaman nenas?
9. adakah dalam perencanaan penanaman
tanaman nenas bapak melakukan sesuai anjuran?
10. menurut bapak adakah kerjasama
saprodi kelompoktani memenuhi?
|
a. segera, sangat aktif
b. aktif
c. cukup aktif
d. tidak aktif
a. sangat aktif
b. aktif
c. cukup aktif
d. tidak aktif
a. sepenunhya kelompoktani
b. sebagian besar
c. sedikit saja
d. tidak pernah
a. semua media elektronik dan cetak
b. dari media cetak/ elektronik saja
c. petugas datang
d. kebetulan saja
a. sudah sepenuhnya
b. baru 50% saja
c. baru sedikit 25% saja
d. belum menggunakan
a. sepenuhnya menggunakan kekayaan
b. kadang-kadang 50% saja
c. sedikit 25% saja
d. belum melakukan
a. sepenuhnya sesuai anjuran
b. baru sebagian saja
c. sedikit saja
d. belum melakukan
a. sesuai anjuran
b. mengandalkan pestisida
c. pemberantasan salah
d. memperbaiki
a. sepenuhnya melakukan
b. kadang-kadang
c. sedikit saja
d. tidak pernah
a. sepenuhnya 100%
b. baru 75% saja
c. baru 50% saja
d. baru 25% saja
|
20
15
10
0
20
15
10
0
20
15
10
0
20
15
10
0
20
15
10
0
20
15
10
0
20
15
10
0
20
15
10
0
20
15
10
0
20
15
10
0
|
trims. sangat membantu . semoga berkah
BalasHapustks sangat membantu
BalasHapus