Senin, 09 September 2019

RENCANA PELAKSANAAN PAMERAN PEMBANGUNAN PERTANIAN Oleh Darwin Rauf, S.ST


RENCANA PELAKSANAAN PAMERAN PEMBANGUNAN PERTANIAN
Oleh Darwin Rauf, S.ST


BAB I
PENDAHULUAN

I.1  Latar Belakang
Pameran merupakan sebuah pertunjukan untuk mengenalkan sesuatu kepada khalayak ramai atau masyarakat. Tujuan dari pameran adalah supaya masyarakat lebih mengenal dan terhibur akan produk baru ataupun sesuatu yang berbeda. Ada untuk pameran karya seni ada juga pameran produk. Untuk menyelenggarakan pameran punya dibutuhkan rencana pameran. Apalagi pameran merupakan sebuah kegiatan yang nantinya berkaitan dengan banyak orang, pastinya akan banyak pihak terkait yang harus di beri tahu akan kegiatan pameran tersebut..
Bagi BPP Kecamatan Tidore Utara, pameran punya makna penting bukan hanya sebagai tontonan, tapi juga merupakan metode penyuluhan yang memberikan inspirasi dalam berkarya. Keberadaan BPP Kecamatan Tidore Utara yang sekarang menjadi bukti bahwa BPP Kecamatan Tidore Utara masih memiliki komitmen yang kuat untuk melaksanakan  pembinaan Penyuluhan Pertanian yang akan terus tumbuh dan berkembang secara dinamis dan inovatif mengikuti perkembangan IPTEK dan meningkatkan mutu penyelenggaraan penyuluhan.
Dalam rangka membangun Kota Tidore Kepulauan maka BPP Kecamatan Tidore Utara akan melaksanakan kegiatan Pameran Pembangunan Pertaniandan Potensi Wilayah  dengan tema “Melalui Pembinaan BPP Kecamatan Tidore Utara, kita hasilkan Penyuluh Pertanian yang handal dan profesional untuk mendukung pencapaian Pembangunan Pertanian dan Potensi Wliayah Kecamatan Tidore Utara Kota Tidore Kepulauan”. Pameran ini melibatkan Penyuluh, Kelompoktani, gabungan Kelompoktani , perusahaan pertanian / peternakan / perikanan,  dan masyarakat Kecamatan Tidore Utara dan masyarakat Kota Tidore  Kepuluan pada umumnya.
Kegiatan dimaksudkan untuk mempromosikan atau mengenalkan eksistensi BPP Kecamatan Tidore Utara kepada keluarga Kelompoktani, Gabungan Kelompoktani serta masyarakat berada di Kecamatan Tidore Utara, serta menjaga kelestarian seni tradisional serta untuk menjalin kerjasama antara BPP, petani / Kelompoktani, Gapoktan , pengusaha, perusahaan pertanian dan perusahaan non-pertanian, pecinta tanaman / ternak, tanaman hias, masyarakat umum lainnya sehingga dapat meningkatnya pengetahuan dan keterampilan dibidang teknologi dan kualitas produksi Pembangunan Pertanian peserta.
 Kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan agar para Penyuluh khususnya Gabungan Kelompoktani dan Kelompoktani dapat mengembangkan minat, bakat, keahlian dan ilmu yang dimiliki menjadi sumber daya manusia yang berkualitas, handal, mandiri serta berkemampuan manajerial, kewirausahaan, dan organisasi bisnis sehingga mampu membangun usaha dari hulu sampai hilir yang berdaya saing tinggi dan mampu berperan serta dalam membangun perekonomian rakyat dan membangun pertanian berkelanjutan.
I.2  Tujuan Pameran
1.    Menjalin kerjasama kemitraan antara BPP, petani / Kelompoktani  Gapoktan, asosiasi, perusahaan-perusahaan dan masyarakat pada umumnya.
2.   Menjalin silaturahmi antara BPP, Penyuluh dan seluruh petani / Kelompoktani, Gapoktan, asosiasi, perusahaan-perusahaan dan masyarakat pada umumnya.
3.    Mempromosikan eksistensi BPP Kecamatan Tidore Utara dalam mencetak penyuluh  pertanian yang handal dan tangguh
4. Memperkenalkan produk-produk pertanian dan dalam bentuk olahan yang dihasilkan oleh Penyuluh, petani dan pelaku Pembangunan Pertanian.
5.  Memberikan kesempatan kepada Penyuluh untuk melaksanakan kompetensi penyuluhan pertanian dan mengembangankan potensi jiwa kewirausahaan.
I.3  Manfaat
1.    Melalui kegiatan pameran ini terjalin kerjasama kemitraan antara Penyuluh, BPP, petani dan pelaku Pembangunan Pertanian  sehingga mempercepat proses tersebarnya informasi dan inovasi teknologi pertanian.
2.    Terujinya kompetensi penyuluhan pertanian penyuluh dalam penguasaan dan pengembangan potensi diri di bidang Pembangunan Pertanian.










  

BAB II
METODOLOGI

2.1   Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Pameran ini akan dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober 2018 dan bertempat di Halaman BPP Kecamatan Tidore Utara , Kota Tidore Kepulauan. Pelaksanaan pameran ini akan dimulai pada pukul 08.00 s/d 16.00 WIB.
2.2   Rencana Kegiatan
Kegiatan Pameran Pembangunan Pertanian dan Potensi Wilayah Kecamatan Tidore Utara Kota Tidore Kepulauan Tahun 2018 meliputi kegiatan utama dan kegiatan pendukung. Jadwal kegiatan pameran dan display produk-produk pertanian baik dalam bentuk olahan yang dihasilkan oleh Penyuluh, petani dan pelaku Pembangunan Pertanian. BPP Kecamatan Tidore Utara telah memfasilitasi stand dengan ukuran 3x4 m² sebagai wadah untuk mendisplay produk-produk yang akan disajikan, banner dan spanduk sebagai media yang dapat memperjelas tujuan sebagai penyampai pesan informasi yang akan ditampilkan pada pameran tersebut.
2.2.1 Kegiatan Utama
Pada pameran  ini, kelompok dari Penyuluh BPP Kecamatan Tidore Utara telah membentuk susunan panitia kecil agar pelaksanaan dapat terkoordinir dengan rapi dan baik sesuai dengan tugas masing-masing anggota (Lampiran I).  Produk-produk yang akan ditampilkan adalah produk olahan yang menjadi ciri khas dari Kecamatan Tidore Utara.
Media publikasi yang akan digunakan PPL BPP Kecamatan Tidore Utara pada kegiatan Pameran ini adalahMedia Cetak : Brosur, Leaflet, Spanduk dan Banner.
2.2.2 Jadwal pelaksanan
Jadwal palang dalam pelaksanaan pameran tersebut akan dilakukan secara bersama-sama dengan semua anggota kelompok yang berjumlah 8 orang karena kegiatan tersebut hanya dilaksanakan dalam satu hari (Lampiran 2)
2.2.3 Estimasi Biaya
Dalam penyelenggaraan Pameran Pembangunan Pertaniandan Potensi Wilayah Kecamatan Tidore UtaraKota Tidore Kepulauan Tahun 2018 ini membutuhkan dana untuk menunjang terlaksananya kegiatan pameran sebagaimana rincian pada lampiran 3.





BAB III
PENUTUP

Demikianlah Rencana Pelaksanaan Pameran Pembangunan Pertanian dan Potensi Wilayah Kecamatan Tidore Utara Kota Tidore Kepulauan Tahun 2018 ini di susun sebagai acuan dalam persiapan dan pelaksanaan kegiatan tersebut, semoga dapat menjadi bahan pertimbangan. Diharapkan pameran Pembangunan Pertaniandanpotensi wilayah ini  akan memberikan dampak positif bagi semua pihak-pihak terkait. Atas bantuan dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.




LEMBAR PENGESAHAN


Ketua Pelaksana


Darwin Rauf, S.ST
NIP. 19670821 198903 1 010
Sekretaris


Irwan Sangadji, S.ST
          NIP. 197607211999031009



MENYETUJUI,


Kepala BPP
Kecamatan Tidore Utara




Maryam Y Muhktar, S.ST
NIP. 19691122 200112 2 003














Lampiran 1. Susunan Panitia Pameran



SUSUNAN PANITIA
PELAKSANA PAMERAN PEMBANGUNAN PERTANIAN
DAN POTENSI WILAYAH KECAMATAN TIDORE UTARA
 KOTA TIDORE KEPULAUAN
TAHUN 2018

Ketua
:
Darwin Rauf, S.ST
Sekretaris
:
Irwan Sangadji, S.ST
Bendahara
:
Suriyani Kasim, SP
Penasehat
:
Maryam Y Muhktar, S.ST
1.
Seksi Perlengkapan
:
Husen Safar
Arifin Mukhtar
2.
Seksi Dokumentasi
:
Ismail Lekahena
3.
Seksi Konsumsi
:
Cabo Hi. Sambiu
Buanessa Ngabalin, SP
Marlia Amir, S.ST
Dewi Harya Ridwan


         Tidore Utara, 14 Juni 2018

                                                                                            Ketua


                                                                                   Darwin Rauf, S.ST














Lampiran 2. Jadwal Kegiatan


JADWAL KEGIATAN PAMERAN PEMBANGUNAN PERTANIAN
DAN POTENSI WILAYAH KECAMATAN TIDORE UTARA
 KOTA TIDORE KEPULAUAN
TAHUN 2018


No
Hari / Tanggal
Waktu
Kegiatan
Penaggung jawab
1
2
3
4
5
1
Senin
19 / 08 / 2018
08.00 – 09.00
Pembukaan Pameran
Seksi acara
09.00 – 10.00
Rute Pendidikan Lingkungan
Seksi Perlombaan
10.00 – 11.00
Lomba Identifikasi tanamaan buah
Seksi Perlombaan
11.00 – 12.00
Lomba Identifikasi
tanaman Sayuran
Seksi Perlombaan
12.00 – 14.00
ISHOMA
Panitia
14.00 – 17.00
Hiburan (Orgen Tunggal
Seksi acara
20.00 – 21.00
Penutupan
Seksi acara


Tidore Utara, 14 Juni 2018

            Ketua,


   Darwin Rauf, S.ST


















Lampiran 3.  Rincian Estimasi Biaya Pameran

RINCIAN ESTIMASI
ANGGARAN BIAYA PAMERAN PEMBANGUNAN PERTANIAN DALAM DAN POTENSI WILAYAH KECAMATAN TIDORE UTARA
 KOTA TIDORE KEPULAUAN
TAHUN 2018

No
Uraian
Besarnya
A.
Biaya Pameran

1.
Pembuatan Rencana

a.    Foto copy  lembar @ Rp.
Rp.
    50.000,-

b.    Penjilidan  eks @ Rp.
Rp.
    15.000,-
2.
Bahan-bahan pameran 1 paket



a.    Pembelian produk display
Rp
2.500.000,-

b.     Snack seksi stand   kotak @ Rp.
Rp.
   500.000,-

c.    Paku payung  kotak @ Rp
Rp.
       5.000,-
3.
Dokumentasi
a.    Cuci cetak foto                                        
b.    Transport                                                    

Rp
Rp

 100.000,-
  250.000,-
4.
Biaya lain-lain
Rp.
1.000.000,-

Jumlah Total
Rp.
4.465.000,-

(Terbilang :Empat juta empat ratus enam puluh lima ribu rupiah.)





1 komentar: