Rabu, 25 September 2019

RENCANA UJI COBA / PENGKAJIAN PAKET TEKNOLOGI TENTANG PAKAN TAMBAHAN PADA TERNAK SAPI Oleh Darwin Rauf, S.ST


Form A
 


LAPORAN PELAKSANAAN
MENYUSUN RENCANA PENGKAJIAN / UJI COBA
PAKET TEKNOLOGI

  1. Penyuluhan Pertanian
a.  Nama/NIP                          :   Darwin Rauf, S.ST
b.  Pangkat/Golongan             :    Penata Tkt.I. III/d
c.  Jabatan                             :    Penyuluh Pertanian Muda
d.  Wilayah Binaan                 :    BPP Kecamatan Oba Tengah
  1. Dasar Pelaksanaan               :    Rencana Kerja Tahunan Penyuluh
                                                   (RKTP) 2019
  1. Nama Kegiatan                       :   Menyusun Rencana Pengkajian/Uji Coba
                                                   Paket Teknologi Tentang Pakan
                                                               Tambahan pada ternak sapi
  1. Rencana Pelaksanaan Kegiatan        :
a.    Waktu Pelaksanaan          :  Agustus s/d Oktober 2019
b.    Tempat/Lokasi                  :   Kelompok Tani  Siodora Desa Siokona
  1. Hasil Pekerjaaan                     :   Rencana Pengkajian/Uji Coba (terlampir)

                                                                                              Tidore ., 15 Juli 2019
                Ketua Kelompok Tani                                     Penyuluh Pertanian
                       ( Siodora )                                                     ( Fasilitator )


                  Beny Kasirubun                                            Darwin Rauf, S.ST
                                                                                NIP. 19670821 198903 1 0 10

                                                       MENGETAHUI
                                                    Kepala UPTD BP3
                                                Kota Tidore Kepulauan

                                                  Rizqawati Hasan, S.Pt
                                             NIP. 19780601 200312 2 010


KATA PENGANTAR


Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyusun rencana uji coba pengkajian paket teknologi tentang “Pakan Tambahan Pada Ternak Sapi” yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus s/d Oktober 2019 bertempat di kelompok tani Siodoro Desa Siokona.
Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa dengan tersusunnya rencana uji pengkajian paket reknologi ini masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya yang kami utarakan dalam menyusun rencana ini, Oleh nya itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca agar kami dapat memperbaiki laporan penyusunan rencana uji coba pengkajian ini selanjutnya.
Akhir kata kami berharap semoga laporan rencana tentang uji coba pengkajian paket teknologi ini ada manfaatnya untuk kami dan juga dapat memberikan inpirasi terhadap pembaca pada umumnya dan kelompok tani pada khususnya. Amiiiin.
.
                                                              Tidore , Juli  2019

                                                              Penyuluh Pertanian Lapangan


                                                            ( Darwin Rauf. S.ST)
                                                              NIP. 19670821 198903 1 010






RENCANA UJI COBA / PENGKAJIAN PAKET TEKNOLOGI
TENTANG PAKAN TAMBAHAN PADA TERNAK SAPI
Oleh Darwin Rauf, S.ST


I. PENDAHULUAN


1.1. Latar Belakang
Salah satu upaya peningkatan kualitas sumberdaya manusia pelaku pembangunan pertanian untuk mendukung agribisnis dipedesaan adalah dengan penyelenggaraan penyuluhan pertanian yang disertai dengan upaya pendidikan dan pelatihan bagi para penyelenggara (aparat) pembangunan pertanian dan dengan melaksanakan otonomi luas, nyata, dan bertanggungjawab.
Pengembangan sumber daya pertanian perlu memperhatikan kondisi yang ada dari sumberdaya manusia pertanian baik sebagai pelaku (petani/peternak/nelayan) maupun sebagai penyelenggara (aparat) pembangunan pertanian. Kondisi yang ada harus dikembangkan sesuai dengan paradigma baru pembangunan menuju sumberdaya manusia yang profesional.

1.2. Tujuan
§  Memberikan solusi bagi petani/peternakterhadap pemberian pakan tambahan pada ternak sapi.
§  Mensosialisasikan tentang pakan tambahan pada ternak sapi.
§  Meningkatkan kemampuan dan pengetahuan, sikap dan keterampilan bagi petani/peternak.

1.3. Manfaat
§  Mengetahui kegunaan pemberian pakan tambahan pada ternak sapi.
§  Meningkatkan pendapatan petani/peternak
§  Menekankan pengeluaran yang tidak bermanpaat bagi petani/peternak




II. TINJAUAN PUSTAKA

2.1. Pengkajian / uji coba
Pengkajian / uji coba adalah metode penyuluhan pertanian untuk meningkatkan kemampuan petani/peternak nelayan dalam memilih paket teknologi usaha tani yang telah direkomendasikan sebelum didemonstrasikan dan atau dianjurkan, yang pelaksaannya dilakukan oleh kontak tani-nelayan di lahan usaha tani-nelayannya dengan bimbingan penyuluh pertanian. Pengkajian/uji coba memiliki tujuan yaitu ;
  1. Meyakinkan paket teknologi usaha tani yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan serta   kondisi usaha tani-nelayan dan sosial ekonomi petani/peternak nelayan di wialayah tertentu.
  2. Mempercepat penyebaran informasi teknologi pertannian yang telah
            direkomendasikan secara umum.
  1. Mengurangi resiko kegagalan uasaha tani-nelayan melalui pemilihan teknologi yang pailing sesuai dengan  usaha tani terpadu.
  2. Meniingkatlkkan keyakinan kontak tani-nelayan mengenai teknologi pertanian yang kana diterappkan  oleh petani/peternak –nelayan.
  3. Meningkatkan efisiensi usaha tani-nelayan dan informasi pertanian.
    Menghimpun dan memberikan umpan balik kepada lembaga penelitian, dan direktorat teknis lingkuppertanian.
  4. Menyiapkan kontak tani-nelayan untuk menjadi demonstrator yang bersifat motivator dan atau pelatih bagi tani-nelayan.
  5. Mengembangkan kemampuan penyuluh.

2.2. Karakteristik Proses Pengkajian/uji coba
  Hasil Pengkajian / uji coba akan terjamin bila menggunakan prosedur ilmiah. Oleh karena itu, proses Pengkajian / uji coba yang terjamin adalah proses Pengkajian / uji coba yang memiliki karakteristik ilmiah.  Adapun prosedur ilmiah harus memiliki karakteristik sebagai berikut : a) Sistematis, Pengkajian / uji coba merupakan proses yang berstruktur, sehingga diperlukan aturan dan langkah-langkah tertentu untuk melaksanakannya. b) Faktual, Pengkajian / uji coba merupakan proses yang berkaitan dengan dunia nyata atau empiris, Pengkajian / uji coba harus didasarkan pada kenyataan atau fakta bukan berdarakan pendapat atau opini.
2.3. Langkah-Langkah dalam Pengkajian/uji coba          
Langkah-langkah dalam Pengkajian/uji coba secara benar, dari proses Pengkajian/uji coba harus dikuasai oleh penyuluh. Lima langkah yang harus dilakukan dalam melaksanakan Pengkajian/uji coba penyuluhan pertanian adalah: a) Memahami tujuan-tujuan penyuluhan yang akan di Pengkajian/uji coba, b) Menetapkan indikator-indikator untuk mengukur kemajuan-kemajuan yang dicapai, c) Membuat alat pengukur untuk mengumpulkan data, d) Menarik sampel (sampling) dan melakukan pengumpulan data, e) Melakukan analisis dan interpretasi data.
Pengkajian/uji coba merupakan upaya penilaian atas hasil sesuatu kegiatan melalui pengumpulan dan penganalisaan informasi/data secara sistematis serta mengikuti prosedur tertentu yang secara ilmu diakui keabsyahannya. Pengkajian/uji coba bisa dilakukan terhadap perencanaan, Program maupun pada hasil serta dampak suatu kegiatan. Pengkajian/uji coba pembinaan kelompoktani perlu dilaksanakan secara teratur, baik Pengkajian/uji coba awal (pre-evaluation), Pengkajian/uji coba proses (on-going evaluation), Pengkajian/uji coba akhir (post/terminal evaluation) maupun Pengkajian/uji coba (ex-post evalation). (Peraturan Menteri Pertanian Nomor :
273/Kpts/OT.160/4/2007).

2.4. Pengertian Penyuluhan Pertanian
Penyuluhan pertanian dapat diartikan sebagai pendidikan non-formal bagi petani/peternak/nelayan dan keluarganya untuk meningkatkan pengetahuan, kebisaan dan sikap.  Penyuluhan pertanian mempunyai kedudukan dan peranan strategis untuk mensukseskan pembangunan pertanian, serta memiliki dua misi pokok yaitu pengembangan sumberdaya manusia dan alih teknologi (Menteri Pertanian, 1994)
Pambudi (2002), mengatakan penyuluhan pertanian mempunyai kedudukan yang sangat strategis dalam pembangunan pertanian, karena memiliki tugas dan fungsi untuk menyelenggarakan pendidikan luar sekolah (non-formal) bagi petani/peternak beserta keluarganya serta anggota masyarakat pertanian lainnya, terutama di pedesaan.
Ciri-ciri pendidikan luar sekolah adalah : a). Tidak ada paksaan, b).  Materi pembelajaran didasarkan atas kebutuhan petani/peternak, c).  Dilaksanakan dengan prinsip dari, untuk, dan oleh petani/peternak. Lebih luas Undang-undang No. 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan menyatakan, “Penyuluhan pertanian, perikanan, kehutanan yang selanjutnya disebut penyuluhan adalah proses pembelajaran bagi pelaku utama serta pelaku usaha agar mereka mau dan bisa menolong dan mengorganisasikan dirinya dalam mengakses informasi pasar, teknologi, permodalan, dan sumberdaya lainnya sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi usaha, pendapatan, dan kesejahteraannya.
2.5. Kerangka Pemikiran
Berdasarkan latar belakang masalah dan tujuan Pengkajian/uji coba maka dapat digambarkan pola pemikiran seperti pada gambar 1.
Ternak sapi

PakanTambahan
PPL Pendamping
Poktan
Petani
Evaluasi
Meningkat
TidakMeningkat
Pakan Tambahan Ternak Beretujuan:

Agar rata-rata kenaikan bobot badan sapi/ekor/hari. Meningkat
Sehingga pada saat pemasaran  rata-rata pendapatan petani peternak ada peningkatan dan dapat menguntungkan sehingga kesejahteraan petani dan keluarganya dapat meningkat.

PelaksanaanPenyuluhan
Pemberian PakanTambahanTernak
 




















Gambar 1. Skema kerangka pemikiran

Keterangan :
= hubungan
= tujuan


III. RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN


3.1. Waktu dan Tempat
Rencana Kegiatan Pengkajian / Uji Coba paket teknologi akan dilaksanakan  pada bulan Agustus  s/d Oktober  2019, bertempat di Kelompok tani Siodora Desa Siokona, Kecamatan Oba Tengah.

3.2. Materi. Yang dipiih adalah
Melaksanakan pengkajian/Ujicoba Paket Teknologi Penyuluhan Pertanian Pada Pakan tambahan pada ternak dengan mengetahui pengaruh signifikan terhadap pemberian pakan tambahan pada ternak sapi.

3.3. Sasaran
Sasaran diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat menggugah hati petani/peternak agar mau mencoba dan berbuat  terhadap teknologi yang telah diihat dan disampaikan.
Dalam kegiatan ini alat dan bahan yang digunakan adalah beberapa contoh pakan tambahan ternak yang bermutu tinggi, berkualitas baik , dan hasil yang sangat menguntungkan.

3.4. Metode
          Adapun metode penyuluhan  yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah peragaan, ceramah, diskusi, dan tanya jawab.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar